Menu Tutup

Tuhan Menyediakan

Baca Keluaran 16 : 1 – 21

16:1Setelah mereka berangkat dari Elim, tibalah segenap jemaah Israel di padang gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan gunung Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua, sejak mereka keluar dari tanah Mesir.
16:2Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun;
16:3dan berkata kepada mereka: “Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan.”
16:4Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.
16:5Dan pada hari yang keenam, apabila mereka memasak yang dibawa mereka pulang, maka yang dibawa itu akan terdapat dua kali lipat banyaknya dari apa yang dipungut mereka sehari-hari.”
16:6Sesudah itu berkatalah Musa dan Harun kepada seluruh orang Israel: “Petang ini kamu akan mengetahui bahwa Tuhanlah yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir.
16:7Dan besok pagi kamu melihat kemuliaan TUHAN, karena Ia telah mendengar sungut-sungutmu kepada-Nya. Sebab, apalah kami ini maka kamu bersungut-sungut kepada kami?”
16:8Lagi kata Musa: “Jika memang TUHAN yang memberi kamu makan daging pada waktu petang dan makan roti sampai kenyang pada waktu pagi, karena TUHAN telah mendengar sungut-sungutmu yang kamu sungut-sungutkan kepada-Nya–apalah kami ini? Bukan kepada kami sungut-sungutmu itu, tetapi kepada TUHAN.”
16:9Kata Musa kepada Harun: “Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Marilah dekat ke hadapan TUHAN, sebab Ia telah mendengar sungut-sungutmu.”
16:10Dan sedang Harun berbicara kepada segenap jemaah Israel, mereka memalingkan mukanya ke arah padang gurun–maka tampaklah kemuliaan TUHAN dalam awan.
16:11Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
16:12“Aku telah mendengar sungut-sungut orang Israel; katakanlah kepada mereka: Pada waktu senja kamu akan makan daging dan pada waktu pagi kamu akan kenyang makan roti; maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.”
16:13Pada waktu petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh yang menutupi perkemahan itu; dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu.
16:14Ketika embun itu telah menguap, tampaklah pada permukaan padang gurun sesuatu yang halus, sesuatu yang seperti sisik, halus seperti embun beku di bumi.
16:15Ketika orang Israel melihatnya, berkatalah mereka seorang kepada yang lain: “Apakah ini?” Sebab mereka tidak tahu apa itu. Tetapi Musa berkata kepada mereka: “Inilah roti yang diberikan TUHAN kepadamu menjadi makananmu.
16:16Beginilah perintah TUHAN: Pungutlah itu, tiap-tiap orang menurut keperluannya; masing-masing kamu boleh mengambil untuk seisi kemahnya, segomer seorang, menurut jumlah jiwa.”
16:17Demikianlah diperbuat orang Israel; mereka mengumpulkan, ada yang banyak, ada yang sedikit.
16:18Ketika mereka menakarnya dengan gomer, maka orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan. Tiap-tiap orang mengumpulkan menurut keperluannya.
16:19Musa berkata kepada mereka: “Seorangpun tidak boleh meninggalkan dari padanya sampai pagi.”
16:20Tetapi ada yang tidak mendengarkan Musa dan meninggalkan dari padanya sampai pagi, lalu berulat dan berbau busuk. Maka Musa menjadi marah kepada mereka.
16:21Setiap pagi mereka memungutnya, tiap-tiap orang menurut keperluannya; tetapi ketika matahari panas, cairlah itu.

Tatkala Krisis menerpa hidup kita dan masa depan seakan gelap, bagaimana supaya kita tidak kehilangan sukacita dan damai sejahtera? Saat ini kita sedang mengalami berbagai krisis, baik ekonomi, keuangan sosial maunpun lainnya. Siapa yang akan menyediakan atau mencukupkannya? Hari ini kita akan belajar tentang Kisah Perjalanan Orang Israel dan Pergumulannya serta bagaimana solusinya. Kita akan Belajar Beberapa Poin Penting dari Firman Tuhan Keluaran 16:1-21 Yakni:

  1. Sungut-sungut Orang Israel (Kel. 16:1-3).
    Arti yang lain dari istilah Bersungut-sungut atau mengomel ialah: kb. keluhan, omelan. kki. menggerutu, mengeluh. Jika demikian istilah ini memiliki konotasi yang negative. Di sini kita melihat bahwa Orang Israel Mengeluh atau mengomel dengan pemahaman bahwa, lebih baik bagi mereka mati di Mesir dibunuh TUHAN namun mereka makan daging dan makan roti sampai kenyang daripada harus mati karena kelaparan di padang gurun Sin yang tandus dan tidak ada tandatanda kehidupan seakan TUHAN pun tidak sanggup memelihara atau menyediakan yang mereka perlukan. Mereka mengakui bahwa TUHAN memang memegang kendali atas hidup dan mati manusia termasuk mereka dapat saja dibunuh TUHAN di Mesir sebagaimana terlihat dalam fase “Lebih baik sekiranya kami sudah mati dibunuh TUHAN di Mesir,..” .

    Selain menggerutu kepada Musa dan Harun yang membawa keluar dari Mesir, mereka juga seakan menolak bahwa Musa dan Harun sebagai Pemimpin yang diutus TUHAN. Tatkala TUHAN menyatakan diri kepada Musa bahwa Musa yang akan membawa Umat-Nya keluar dari Mesir, ia menyampaikan keberatannya untuk memimpin sehingga TUHAN mengutus Harun untuk mendampinginya. Ini menjadi pergumulan para pemimpin. Di satu pihak TUHAN yang memanggil, mengutus dan berjanji menyertai, di pihak lain manusia mempersalahkan dan menolak untuk dipimpin (Kel. 4:10-14). “…Tetapi kamu membawa kami ke sini supaya kami semua mati kelaparan.”

    Apa yang terjadi dengan kehidupan Orang Israel, masih dapat terjadi dalam kehidupan kita dimasa sekarang ini. Tatkala menghadapi kesulitan sering mempersalahkan pihak lain bahkan tidak lagi mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN di waktu lampau dan tidak mempercayai jani-janji TUHAN. Ketika seseorang tidak lagi mempercayai janji-janji TUHAN ia sudah mulai jauh dari TUHAN.

  2. TUHAN Mendengar Mereka (Kel. 16:4-19).
    TUHAN yang mengutus Musa dan Harun adalah TUHAN yang berjanji menyertai sekaligus ia adalah TUHAN yang kekal dan Hidup. Ia mengutus Musa dan Harun membawa Orang Israel keluar untuk beribadah kepada TUHAN dengan berbagai tanda ajaib yang telah dilihat dan dialami orang Israel. Tindakan TUHAN itu karena mendengar dan memperhatikan penderitaan yang dikeluhkan umat-Nya. Sejak Orang Israel di Mesir sampai pada bagian inipun TUHAN tetap memperhatikan mereka.

    Pada bagian ini kita melihat kebesaran kuasa kasih TUHAN yang dinyatakan kepada Orang Israel yang selalu memperhatikan seruan, keluhan dan sungut-sungut mereka. Dalam ayat 4: Lalu TUHAN berfirman kepada Musa, “Aku akan menurunkan makanan dari langit bagi mereka. Semua orang boleh keluar tiap-tiap hari untuk mengambil makanan sebanyak yang diperlukan mereka. Aku akan menguji mereka dalam hal ini, untuk melihat apakah mereka mau mengikuti peraturan-peraturan-Ku atau tidak…” Yang perlu menjadi perhatian kita ialah pertama, TUHAN yang mendengar dan mengabulkan keluhan mereka itu semata menjawab kebutuhan dan keperluan saat itu. Kedua, TUHAN mendengar dan mengabulkan seruan dan keluhan mereka untuk menguji apakah mereka akan tetap setia dan taat kepada TUHAN.

  3. Menghargai Setiap Berkat TUHAN (Kel. 16:17-21)
    Dalam ayat 4-16 kita melihat bagaimana TUHAN mengabulkan seruan mereka, pada ayat 17-21 Menekankan bagaimana Orang Israel harus benar-benar menghargai pemberian TUHAN. Tiap-tiap orang mengumpulkan menurut keperluannya. Musa berkata kepada mereka: “Seorangpun tidak boleh meninggalkan dari padanya sampai pagi.” Tetapi ada yang tidak mendengarkan Musa dan meninggalkan dari padanya sampai pagi, lalu berulat dan berbau busuk. Maka Musa menjadi marah kepada mereka. (19-20). Hal serupa terlihat ketika Tuhan Yesus Memberi makan kepada 5000 orang (Yoh. 6:1-15) dan kepada 4000 orang (Mar. 8:20), setiap kelebihan dari yang dibutuhkan dikumpulkan. Firman TUHAN ini mengajarkan setiap Umat Tuhan harus menghargai berkat yang diterima dan digunakan sesuai keperluan dan kebutuhan karena begitu banyak orang yang membutuhkan dan mereka sedang dalam kekurangan.

KESIMPULAN:
Tuhan yang menghendaki Orang Israel keluar dari Mesir adalah TUHAN yang Hidup, berkuasa, pencipta alam semesta dan senantiasa peduli untuk mendengar seruan Umat-Nya. Ia memperhatikan dan menyediakan apa yang butuhkan umat-Nya selama mau berseru tetapi setiap pengabulan-Nya tidak hanya sekadar mencukupkan kebutuhan umat, tetapi menuntut kesetiaan dan ketaatan umat kepada-Nya. Setiap yang TUHAN sediakan dan kita terima, gunakanlah dengan benar untuk kemuliaan nama TUHAN dan menjadi berkati bagi sesama yang sangat membutuhkan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Oleh : Pdt. Nelson Neno, MA
Gembala Sidang GKKA Jemaat Sendawar

Kolom Komentar !!

Berikan komentar sesuai pedoman kami. Email anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Lainnya